Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Churning, Pooling, dan Twisting dalam Asuransi

Mengenal Churning, Pooling, dan Twisting dalam Asuransi - Hello Bro and Sis okeasuransi, In the article you are reading this time with the title Mengenal Churning, Pooling, dan Twisting dalam Asuransi, We have prepared this article well for you to read and take information in it. hopefully the contents of the post Article Istilah, what we write you can understand. Alright, happy reading.

Title : Mengenal Churning, Pooling, dan Twisting dalam Asuransi
link : Mengenal Churning, Pooling, dan Twisting dalam Asuransi

Read also


Mengenal Churning, Pooling, dan Twisting dalam Asuransi

Apakah Anda pernah mendengar istilah Churning, Pooling, dan Twisting? Ketiga istilah itu muncul dalam SE OJK Nomor 19/SEOJK.05/2020 tentang Saluran Pemasaran Produk Asuransi. 

Churning adalah tindakan pihak yang memasarkan Produk Asuransi yang membujuk dan/atau memengaruhi pemegang polis untuk mengubah atau mengganti Polis Asuransi yang ada dengan Polis Asuransi yang baru pada Perusahaan yang sama, dan/atau membeli Polis Asuransi baru dengan menggunakan dana yang berasal  dari Polis Asuransi yang masih aktif dari Perusahaan yang sama tanpa penjelasan terlebih dahulu kepada pemegang polis mengenai kerugian yang dapat diderita oleh pemegang polis akibat perubahan/penggantian tersebut. 

Contohnya: Seorang Agen A dari Perusahaan ABC membujuk klien X untuk membatalkan polis asuransi X dengan iming-iming tertentu dan menerbitkannya kembali di perusahaan ABC namun dengan menggunakan keagenan A. 

Pooling adalah tindakan mengalihkan penjualan Produk  Asuransi yang telah dilakukan oleh Agen Asuransi, atau pihak yang memasarkan Produk Asuransi kepada pihak lainnya.

Contohnya, perusahaan asuransi ABC membukukan binsis dari Agen A sebagai produksi dari agen B dengan alasan agen B adalah leader dari agen A.

Twisting adalah tindakan pihak yang memasarkan Produk Asuransi yang membujuk dan/atau memengaruhi pemegang polis untuk mengubah spesifikasi Polis Asuransi yang ada atau mengganti Polis Asuransi yang ada dengan Polis Asuransi yang baru pada Perusahaan lainnya, dan/atau membeli Polis Asuransi baru dengan menggunakan dana yang berasal dari Polis Asuransi yang masih aktif pada suatu Perusahaan lainnya dalam jangka waktu 6 (enam) bulan sebelum atau sesudah tanggal Polis  Asuransi  baru  di  Perusahaan lain diterbitkan.

Contoh: Broker A meminta tertanggung X untuk membatalkan polis secara prorata di Asuransi ABC, dan premi prorata tersebut digunakan untuk membeli polis di asuransi DEF melalui broker A tersebut. (ABP)

Sumber Istilah: SE OJK Nomor 19/SEOJK.05/2020

Sumber Gambar: CheepInsurance.ca



That's the article Mengenal Churning, Pooling, dan Twisting dalam Asuransi

That's it for the article Mengenal Churning, Pooling, dan Twisting dalam Asuransi this time, hopefully can be useful for all of you. well, see you in another article post.

You are now reading the articleMengenal Churning, Pooling, dan Twisting dalam Asuransi with link address https://www.okehub.com/2021/09/mengenal-churning-pooling-dan-twisting.html